Minggu, 05 Februari 2017

mahyu english

Belajar Design Grafis di Beberapa Situs Ini, Mudah dan Lengkap

source : GoAheadPeople.com
Desain grafis, banyak orang yang menjadikan hobby yang satu ini menjadi penghasilan tambahan mereka. Di era jaman sekarang, banyak bermunculan para design grafis, bahkan dari kalangan anak muda pun sudah banyak. Selain melatih dan mengembangkan kreativitas, membuat design grafis juga mampu membunuh kesepian bagi mereka yang anti sosial, hanya berdiam diri membuat design, berkarya dan terus berkarya. Menjadi seorang design grafis pun tidak harus mempunyai skill ilmu komputer yang bagus, karena nilai karya dari design grafis terletak pada hasilnya, intinya inspirasi dan ilustrasi yang bagus adalah nilai utama dari design grafis.

Pengertian desain grafis sebenarnya adalah untuk menyampaikan suatu pesan atau mengkomunikasikan pesan melalui gambar, tulisan dan bentuk visual. Design grafis disini juga bertujuan menyampaikan pesan kepada penerima informasi, tentunya informasi yang disampaikan haruslah jelas dan visual yang ada sesuai dengan tema yang diusungkan. Misalnya ketika membuat sebuah poster untuk promosi event, baik formal maupun non formal.

Dalam membuat sebuah desain grafis, seorang designer harus memperhatikan bentuk visual, dan permainan warna, penggunaan kata yang jelas sehingga seluruh informasi yang diberikan tersampaikan kepada publik.

Dalam membuat design grafis, ada beberapa cara yang bisa kita sampaikan. Pertama, design menggunakan gambar. Yang kita perlukan untuk membuat design dengan gambar cukuplah simple, yang terpenting visual yang ada sesuai dengan tema dan suasana. Kedua, design melalui tulisan. Pada hal ini, designer hanya perlu merangkai kata-kata yang didesign sedemikian rupa supaya menarik publik ketika melihatnya. Ketiga, design gambar dan tulisan. Penggabungan dua unsur yang lebih sering digunakan designer sekarang.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang design grafis. Ilmu dasar dalam pengertian tentang design grafis. Terus bagaimana kalau ingin menjadi seorang design grafis?

Seperti yang termuat dalam GoAheadPeople.com, ada 5 website yang bisa menjadi referensi kamu jika ingin bergelut di bidang design grafis.

Skillshare
Skillshare merupakan salah satu situs favorite bagi para penggemar design grafis. Dalam situs ini termuat berbagai tutorial yang bisa kamu pelajari nantinya, baik mulai dari ilmu design vektor, edit foto, bahkan sampai pelajaran mengenai proggramming website dan copywriting termuat di situs ini juga.

Tutsplus
Merupakan website deisgn grafis yang lebih fokus dalam aspek desain. Di website ini kamu bisa belajar dari permasalahan di belakanag layar, yaitu coding. Website ini mempunyai nilai plus tersendiri, dimana terhubung dengan  Envato, sebuah situs kumpulan desain terbaik di seluruh dunia.

Designschool: Canva
Website yang satu ini, selain menyediakan banyak tips dan tutorial, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam icon, bahkan inspirasi pun akan kamu dapatkan ketika melihat benyak desain yang ada dalam berbagai kategori. Di website ini sendiri terdapat beberapa tools, diantaranya photo editor, color pallete dan font combination.

Designforfounders
Website ketiga ini ada terdapat berbagai macam e-book yang bisa kamu download sebagai pembelajaran. Pelajaran yang akan kamu dapatkan lebih mengarah kepada pendalaman subjek spesifik, mulai dari tipografi, layout sampai dengan prinsip dasar dari desain.

Videocopilot
Dalam videocopilot ini, ada tutorial berupa motion video yang bisa dipelajari. Mulai dari membuat introduction of video hingga closing, kamu bisa menggunakan motion grafis supaya lebih menarik.

Gimana guys? Masih berpikiran untuk belajar dan mendalami design grafis itu hal yang sulit?

Kamu tidak perlu bersusah payah nyari-nyari buku, kalau yang tersedia di beberapa situs yang telah disebutkan tadi lebih lengkap dan menarik. Setelah kalian udah punya karya, langsung aja ke GoAheadPeople.com, tampilkan karya terbaikmu kepada komunitas kreatif yang ada di Indonesia. Teakhir kata, jangan lupa untuk berkarya!  

mahyu english

About mahyu english -

Seorang pemusik yang hobby menulis

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar