Senin, 01 Mei 2017

mahyu english

Mengenal Bor Tangan Manual Untuk Material Kayu

Bor tangan manual merupakan salah satu jenis peralatan pertukangan yang bisa Anda temukan dipasaran, untuk harga jual bor tangan manual ini pastinya lebih murah. Secara kegunaan bor tangan manual ini memiliki fungsi yang sama dengan bor tangan listtrik yang sering kita jumpai, yaitu untuk melubangi benda kerja namun secara khusus yaitu untuk material kayu.

Jenis bor tangan manual jenis ini pastinya jarang Anda temui, atau bahkan ada yang tidak tau jika ada bor tangan manual. Bor tangan manual memiliki bentuk penampang yang terbuat dari bahan besi pada bagian mata bor dan pegangannya, dan pada ujung pegangan biasanya dilengkapi dengan dengan lapisan kayu untuk menahan pegangan saat menekan dan menggerakan tuas pegangan bor.


Di pasaran di jual bor tangan manual dengan dua jenis bor yang bisa Anda temukan, yaitu jenis pertama bor tangan manual yang dapat diganti mata bor nya dan jenis kedua bor tangan manual yang tidak dapat diganti mata bornya. Penggunaan bor tangan manual yang tidak dapat diganti mata bornya tentunya kurang efektif, karena mata bor tidak bisa diganti sehingga tidak bisa menyesuaikan ukuran lubang yang dibutuhkan.

Penggunaan bor tangan manual ini sangat mudah, ketika Anda ingin mulai pengoboran pada material kayu tandai terlebih dahulu kayu dengan titik pengeboroan menggunakan paku dengan mengetuknya sedikit. Setelah titik pengeboran sudah dibuat, tempatkan mata bor pada titik pelubangan dan mulai memutar tuas pegangan mata bor searah jarum jam dengan menekannya dan secara perlahan sampai kedalaman lubang yang Anda inginkan.

Jika pada saat pelubangan sudah mulai terasa berat dan belum mencapai pada titik lubang kedalaman yang diinginkan, hentikan pelubangan dan tarik bor tangan manual dengan cara memutarnya kembali dengan arah berlawanan jarum jam, biasanya ini disebabkan karena mata bor sudah muali panas sehingga dapat memperlambat penggerakan. Jika mat bor tangan manual sudah dingin, baru Anda bisa melanjutkan pekerjaan kembali seperti awal.

Penggunaan bor tangan manual ini memang dapat memakan banyak tenaga dan waktu, meskipun begitu bor tangan ini sangat berguna bagi Anda yang membutuhkan alat pelubang kayu namun dengan harga jual bor yang sangat terjangkau.

mahyu english

About mahyu english -

Seorang pemusik yang hobby menulis

Subscribe to this Blog via Email :