Jumat, 01 September 2017

The Writer

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan untuk Membeli Apartemen


Pembangunan apartemen memang tumbuh begitu pesat. Setiap tahun, Anda bisa menemukan banyak apartemen baru yang berhasil dibangun. Fenomena itu mengindikasikan betapa banyaknya masyarakat yang mulai melirik apartemen sebagai pilihan hunian terbaik. Selain untuk hunian, tidak jarang juga banyak masyarakat yang menjadikan apartemen sebagai investasi jangka panjang mereka dengan berbagai alasan yang mereka miliki.

Pada dasarnya, apartemen merupakan alternatif dari sebuah hunian, terutama bagi siapa saja yang ingin praktis. Karena faktor inilah terkadang yang menjadikan apartemen lebih unggul dari hunian lain. Nah, bagi Anda yang juga ingin memiliki apartemen, terutama bagi Anda yang mencari apartemen di kawasan Jakarta, baik apartemen Jakarta Barat, Jakarta Timur, atau lainnya, maka perhatikan delapan hal ini sebelum Anda membeli apartemen.

1. Perhatikan Dimana Lokasi Apartemen
Memilih lokasi apartemen yang strategis sangatlah penting. Pasalnya, jika lokasi apartemen tersebut strategis maka banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, seperti mudahnya akses transportasi, pasar, rumah sakit, tempat perbelanjaan, akses ke kantor. Tapi biasanya, apartemen di kawasan Jakarta memiliki lokasi yang strategis, apakah itu apartemen Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan seterusnya.

Namun, jika Anda berada di daerah lain selain Jakarta, maka Anda perlu memantau lokasi apartemen tersebut apakah strategis atau tidak, agar Anda bisa merasakan kemudahan dalam mengakses segala hal. Biasanya, apartemen yang berlokasi strategis berada di pusat kota atau pusat bisnis.

2. Dapatkan Info Tentang Apartemen Lebih Banyak dan Lengkap
Jika Anda ingin mendapatkan apartemen yang lebih murah, mungkin Anda bisa membeli apartemen dari developer yang baru membangun apartemen. Pasalnya, harga apartemen yang ditawarkan oleh developer yang baru memulai usaha biasanya jauh lebih murah, dibandingkan dengan harga apartemen di pasaran. Namun, Anda juga perlu untuk memastikan apakah developer tersebut memiliki izin pembangunan apartemen atau tidak.

3. Memilih Unit Apartemen yang Tepat
Jika Anda membeli unit apartemen yang berada dilantai atas, maka Anda bisa merasakan pemandangan seluruh kota. Namun, seiring berjalannya waktu, harga unit lantai atas akan semakin menurun. Hal ini tentu menjadi suatu kerugian, karena harga beli unit apartemen yang berada di lantai atas lebih mahal dibandingkan ketika apartemen tersebut dijual kembali. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli unit apartemen yang berada pada lantai bawah.

4. Perhatikan Bagaimana Perawatan dan Tata Ruang dari Apartemen
Pemeliharaan apartemen yang baik tentu akan memengaruhi nilai jualnya. Perlu Anda ingat, jangan pernah sekali-kali mau membeli apartemen yang tidak terawat. Percuma saja apartemen tersebut berharga murah, namun kualitasnya tidak bagus. Selain itu, perhatikan juga bagaimana tata ruangnya. Apartemen yang bagus memiliki susunan tata ruang yang efektif dan mengalir, sehingga kegiatan para penghuninya tida terganggu (simpang siur).

5. Perhatikan Waktu Pembelian Apartemen
Jika Anda ingin tahu kapan waktu pembelian apartemen yang baik, maka belilah sebelum apartemen itu dibangun, karena biasanya Anda pasti akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga apartemen yang sudah dibangun. Namun, pastikan juga bahwa anda membeli apartemen dari developer yang sudah jelas track recordnya agar keamanan dalam pembelian apartemen terjamin dan sesuai dengan harapan Anda.

6. Perhatikan Fasilitas Umum yang Disediakan
Saya sangat menyarankan kepada Anda, akan jauh lebih baik jika Anda memilih apartemen yang berlokasi atau dekat dengan akses jalan raya, karena biasanya, di sana pasti terdapat berbagai macam fasilitas umum dibandingkan dengan apartemen yang berada di lokasi yang terpencil. Ingat, fasilitas tambahan yang mendukung sebuah apartemen pasti akan meningkatkan nilai investasi dari apartemen tersebut. Pikirkan hal ini.

7. Perhatikan Tempat Parkir dan Biaya Perawatan
Setiap apartemen biasanya akan menyediakan lahan parkir bagi para penghuninya sesuai dengan unit apartemen yang sudah disediakan. Namun, Anda juga harus mengetahui dan memastikan berapa besaran biaya perawatannya, seperti biaya kebersihan, biaya tv kabel, biaya keamanan, dan biaya lain-lain, termasuk biaya parkir. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perselihan di kemudian hari antara Anda dengan pihak manajemen dari pengembang.

8. Perhatikan Status Tanah dan Kelengkapan Dokumen
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli apartemen, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan semua dokumen apartemen dengan teliti, seperti status tanah.  Pastikan status tanah apartemen tersebut tidak berstatus sewa atau sengketa. Agar lebih mudah, Anda bisa meminta bantuan dari notaris untuk memeriksa kelengkapan dokumen apartemen tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli apartemen, baik untuk apartemen Jakarta Barat, Jakarta Timur, maupun di kawasan lain. Pada faktanya, tidak semua apartemen yang memiliki kualitas. Anda pasti pernah mendengar keluh kesah dari para penghuni apartemen, baik mengenai fasilitas, pelayanan atau lainnya. Oleh karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan informasi ini. Semoga bermanfaat. 

The Writer

About The Writer -

Seorang pemusik yang hobby menulis

Subscribe to this Blog via Email :