Rabu, 25 Oktober 2017

Vinik Video Unik

Menjalin Komunikasi Keluarga dengan Perhatian Lebih pada Anak

komunikasi keluarga
source : tehsariwangi.com

Keluarga, hal terpenting dalam kehidupan. Hidup bahagia dan penuh dengan keberkahan tentu menjadi idaman bagi setiap keluarga. Perlunya menjaga hubungan keluarga setiap saat harus didampingi oleh komunikasi yang baik, keterbukaan dalam semua hal, serta adanya perhatian lebih terhadap anak oleh orangtuanya. Komunikasi keluarga ada baiknya harus terjalin setiap waktu, di pagi hari, siang hari ataupun malam hari. Keakraban yang begitu baik akan menciptakan harmonisasi keluarga yang indah.

Anak, adalah harta berharga bagi kedua orangtua. Memberikan perhatian lebih kepada anak sangatlah diharuskan, agar anak tetap dalam bimbingan yang baik, karena prilaku anak tergantung bagaimana dari didikan orangtuanya terlebih dahulu. Beberapa tips menjalin komunikasi keluarga dengan perhatian lebih pada anak;

Mendampingi anak ketika mulai bersentuhan dengan teknologi
Di era sekarang, hal ini bisa menjadi perhatian yang paling utama yang harus diperhatikan lebih, karena teknologi begitu besar pengaruhnya di jaman sekarang, dari bangun tidur sampai tidur lagi tak jarang teknologi selalu berdampingan dengan kita. Jika  Anda memberikan anak akses teknologi melalui smartphone misalkan, ada baiknya Anda selalu mendampinginya, karena tidak semua hal negative yang ada di internet tersaring ataupun sudah terblokir oleh jaringan. Anak lebih cenderung meniru apa yang mereka lihat, karena itulah perlunya dampingan saat anak bersentuhan dengan teknologi.

Memberikan kepercayaan dan rasa hormat kepada anak
Seorang anak tentu akan hormat kepada orang lain jika mereka diajarkan sedini mungkin, memberikan rasa hormat pada anak bisa saja dilakukan oada saat anak mau berangkat ke sekolah, mencium dan memberikan semangat pada anak, sehingga anak lebih memiliki rasa percaya diri.

Menyalurkan potensi yang dimiliki anak
Ada baiknya kita memberikan anak kebebasan dalam apa yang mereka pilih, tentu dalam pilihan yang tidak melenceng. Misalkan anak mempunyai hobby dalam melukis, kita sebagai orangtua meskipun tidak bisa membimbingnya dalam melukis, kita bisa memerikan anak pendidikan atau pembelajaran diluar dalam hal yang mereka sukai dengan cara menyalurkan hobbynya, jangan sampai mengekang apa yang disukai anak, karena mereka akan lebih bisa berkembang dengan potensi yang mereka miliki.

Sering-seringlah berkomunikasi
Anda bisa menjalin bentuk komunikasi keluarga pada saat makan bersama, misalkan ketika pagi hari saat menikmati secangkir  Teh Sariwangi, kehangatan yang ada akan bisa menenagkan suasana. Dalam suasana yang nyaman ketika makan, Anda bisa menanyakan beberapa hal yang menyenangkan ataupun yang kurang menyenangkan pada anak ketika mereka bersekolah ataupun dalam kegiatan lainnya. Situasi pada saat makan bersama, anak lebih cenderung akan mengutarakan semua apa yang mereka alami.

Demikian tadi beberapa tips dalam menjalin komunikasi keluarga dengan memberikan perhatian lebih pada anak. Anak adalah penerus keluarga yang harus dibimbing dan dibina dengan perhatian yang lebih agar anak tumbuh dengan prilaku yang baik pula.

Vinik Video Unik

About Vinik Video Unik -

Seorang pemusik yang hobby menulis

Subscribe to this Blog via Email :