Kamis, 02 November 2017

The Writer

Cara Efektif Berhenti Merokok


Peneliti menemukan cara untuk menghentikan kecanduan nikotin yang dialami oleh perokok. Cara tersebut adalah dengan memberikan hadiah berupa uang. Penelitian Boston Medical Center menyebutkan, cara ini bisa membuat perokok berhenti merokok minimal selama satu tahun.

Dilansir dari EurekAlert, peneliti memberikan program yang memberikan hadiah sebesar USD 250 atau setara dengan Rp3.4 juta pada perokok yang berhasil berhenti merokok selama enam bulan. Hadiah uang pun akan ditambah USD 500 atau Rp6,8 juta jika responden berhasil berhenti merokok selama satu tahun.

Artinya, total uang yang akan diterima para responden ketika berhenti merokok selama satu tahun adalah sekitar Rp10 juta. Selain itu, mereka yang berhenti di periode enam bulan pertama namun berhasil di periode enam bulan kedua, juga akan mendapatkan intensif sebesar USD 250.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi untuk berhenti merokok bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari pendekatan personal hingga insentif uang," papar peneliti Karen E Lasser, MD, MPH yang aktif di Boston University School Medicine.

Hasil penelitian ini pun menyatakan, sebesar 10% responden berhasil berhenti merokok selama enam bulan. Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yang hanya mampu berhenti kurang dari 1%. Dalam waktu satu tahun, sebanyak 12% responden dan hanya 2% dari kelompok kontrol yang berhasil.

Sementara untuk membuktikan responden benar berhenti merokok, peneliti melakukan tes dengan mengambil sampel air liur dan urine secara berkala. "Sebagian besar responden yang berhasil berhenti juga mendapat dukungan dari orang-orang disekitar," pungkasnya.

The Writer

About The Writer -

Seorang pemusik yang hobby menulis

Subscribe to this Blog via Email :